Latar Belakang

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan ketenagalistrikan mempunyai peranan penting dan strategis dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat memperlancar dan meningkatkan hubungan antara wilayah.

Melihat pentingnya telekomunikasi dan tenaga listrik bagi kemajuan suatu daerah dan untuk menunjang pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan ketenagalistrikkan di Kota Salatiga maka Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) perlu untuk melakukan Kegiatan Inventarisasi dan Pemutakhiran Data Sarana dan Prasarana telekomunikasi dan ketenaga listrikkan yang telah terbangun dan disajikan dalam sistem informasi infrastruktur sebagai upaya untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan ketenagalistrikkan dengan melihat dampak dan manfaat bagi masyarakat.

Hasil kegiatan tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan informasi tentang persebaran dan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan ketenagalistrikkan di Kota Salatiga.

    Maksud, Tujuan dan Sasaran

Maksud dari Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Infrastruktur Telekomunikasi dan Ketenagalistrikan adalah melakukan inventarisasi dan pemutakhiran data infrastruktur telekomunikasi dan ketenagalistrikan di Kota Salatiga yang sudah terbangun baik oleh Pemerintah maupun swasta dan dikompilasikan dalam suatu sistem informasi.

Sedangkan tujuan penyusunan Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Infrastruktur Telekomunikasi dan Ketenagalistrikan adalah tersusunnya data dasar Infrastruktur Telekomunikasi dan Ketenagalistrikan Kota Salatiga agar dapat dijadikan acuan dalam penyusunan program pembangunan infrastruktur untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan sasaran yang dicapai adalah :

  1. Tersedianya data dasar infrastruktur ketenagalistrikan berupa jaringan transmisi tenaga listrik, yang diperhitungkan masih dapat digunakan (valid) sampai 20 tahun mendatang.
  2. Tersedianya data dasar infrastruktur telekomunikasi berupa jaringan telepon fixed line dan jaringan telepon nirkabel, yang diperhitungkan masih dapat digunakan (valid) sampai 20 tahun mendatang.